Gelandang Frenkie De Jong dianggap tampil buruk di Barcelona pada musim perdananya. Terkait penilaian tersebut eks pelatih Timnas Belanda Louis Van Gaal angkat bicara.

Seperti diketahui, Frenkie De Jong dibeli Barcelona pada bursa transfer musim panas kemarin dari Ajax Amsterdam. Rencananya, gelandang berusia 22 tahun itu jadi salah satu bagian dari regenerasi yang dilakukan raksasa Catalan.

Tak tanggung-tanggung, Barcelona sampai rela menghabiskan 80 Juta Euro untuk membeli sang pemain dari Ajax. Harga yang masuk akal. Semusim sebelumnya, De Jong tampil impresif bersama Ajax di Liga Champions dan Eredivisie.

Akan tetapi, selama beberapa bulan terakhir ini De Jong kerap mendapat kritikan. Tak lain karena performanya yang dianggap masih belum mampu memenuhi ekspektasi publik.

Terkait dengan kritikan yang menimpa sang pemain, Louis Van Gaal angkat bicara. Mantan pelatih Manchester United tersebut menegaskan bahwa De Jong sudah tampil bagus di Barcelona, dan perlu diingat juga dia baru menjalani musim perdana di Spanyol.

“Dia sudah sangat baik jika mengingat dia masih 22 tahun dan pergi ke luar negeri, memasuki kultur yang berbeda. Juga, Barca membayar mahal untuknya, yang menambah tekanan,” ujar Van Gaal kepada Ziggo Sport via Sport.

Lebih lanjut, sosok yang juga pernah menangani Timnas Belanda ini mengklaim bahwa Ernesto Valverde (Eks Pelatih Barca) tentu saja senang dengan kedatangan De Jong. Hanya saja, sekarang ada pelatih lain yang bekerja di kursi manajer.

“Ernesto Valverde jelas senang mendapatkannya, tapi sekarang ada pelatih lain di sana dan ada pertanyaan tentang apakah dia akan terus bermain,” imbuh Van Gaal.

Karenanya, Van Gaal menganggap bahwa performa buruk De Jong hanya permainan dari media-media. Di samping itu, sang pemain juga tidak bermain di posisi yang biasa dia mainkan.

“Ini hanyalah permainan media, dilebih-lebihkan, dia tidak bermain cukup baik musim ini karena dia tidak bermain di posisi yang seharusnya. Saat masih di Ajax, semua orang mencari dia, dia adalah pusat permainan. Di Barca dia tidak bisa melakukan itu. Itulah perbedaan besarnya,” pungkasnya.