Asosiasi Sepakbola Tertinggi Eropa, UEFA telah mengumumkan bahwa klub-klub yang menjadi anggota mereka mencapai kesepakatan terkait dengan penangguhan kampanye musim ini. Mereka sepakat untuk merampungkan kompetisi dengan deadline tanggal 30 juni 2020 mendatang.

Seperti diketahui, Wabah Virus Corona saat ini memang sudah benar-benar mengancam semua aspek, termasuk sepakbola sendiri. Mengingat Eropa merupakan salah satu benua yang terpapar parah oleh wabah COVID-19 ini, alhasil hampir semua kompetisi sepakbola professional dihentikan.

Mulai dari Liga Primer Inggris, Serie A italia, la Liga Spanyol, Bundesliga Jerman sampai Ligue 1 Prancis telah resmi ditangguhkan sementara waktu. Bahkan, UEFA juga sepakat untuk menangguhkan kompetisi major mereka, Liga Champions Eropa dan Liga Europa.

Tak sampai disitu, Asosiasi Sepakbola Eropa tersebut juga sudah mengambil keputusan resmi bahwa mereka akan menunda gelaran akbar Piala Eropa atau Euro 2020. Harusnya gelaran empat tahun sekali itu digelar pada Juni 2020 mendatang, kini dipastikan mundur sampai Juni 2021 mendatang.

Tak lama setelah mengumumkan keputusan tersebut, UEFA kemudian mengumumkan keputusan baru lainnya. Kini klub-klub Eropa berkomitmen untuk menyelesaikan musim ini pada 30 Juni mendatang, tentunya dengan syarat bahwa situasi nantinya sudah menjadi lebih baik dari saat ini.

Jika memang bisa berjalan sesuai rencana, maka musim ini selesai tepat sebulan dari jadwal semula, yakni pada 30 Mei mendatang.

Perlu diketahui, 30 Juni memang selalu menjadi masa akhir tahun kompetisi. Hal ini biasanya berkaitan dengan kontrak pemain, pelatih, atau sponsor. Karenanya, untuk menyiasati hal tersebut, UEFA lantas memodifikasi jadwal yang tersisa di seluruh kompetisi sepakbola Negara-Negara Eropa musim ini.

Tak hanya itu, UEFA juga menyebut bahwa ada kemungkinan penyesuaian untuk jadwal babak kualifikasi Liga Champions dan Liga Europa yang biasanya sudah dimulai pada Juli.

Sebagai informasi, kompetisi yang paling dekat dengan akhir kampanye musim ini adalah Liga Primer inggris dan Bundesliga Jerman. Sedangkan Liga Champions Eropa sendiri baru akan memasuki pertandingan leg kedua babak 16 besar, dengan sisa 4 pertandingan lagi belum berlangsung.