La Liga Spanyol musim ini belum berlanjut, sempat ada wacana untuk menghentikan kompetisi dan Barcelona selaku pemuncak klasemen menjadi juaranya. Tapi, pelatih Quique Setien menolak tegas gagasan tersebut.

Penolakan tegas ini berkaitan dengan pernyataan Pemain Real Madrid, Thibaut Courtois beberapa waktu lalu. Kiper asal Belgia itu mengaku tidak terima jika Barcelona menjadi juara La Liga Spanyol musim ini, andai kompetisi benar-benar dihentikan.

Memang, Barcelona memimpin klasemen sementara La Liga Spanyol, tapi mereka hanya unggul dua poin saja atas Real Madrid. Selain itu, kedua tim sudah bertemu sebanyak dua kali. Barcelona tak mampu mengalahkan Real Madrid dalam dua pertemuan tersebut.

Sedangkan Real Madrid berhasil meraih kemenangan pada pertemuan yang digelar di Estadio Camp Nou. Torehan positif itulah yang membuat Courtois mengklaim bahwa timnya lebih layak menjadi kampiun La Liga.

Tapi faktanya, bukan cuma Courtois yang tak setuju jika Barcelona jadi juara andai kompetisi dihentikan. Pelatih Tim Catalan, Quique Setien juga tidak setuju dengan gagasan tersebut, karena menurutnya itu tidak masuk akal, juara tanpa bertanding.

“Saya tidak suka memenangkan gelar dengan cara seperti ini. Masuk akal jika klasemen tetap seperti ini. Namun realitanya adalah semua klub ingin menyelesaikan musim dan menjadi juara dengan memainkan semua laga, sama halnya dengan Liga Champions,” ujar Setien.

Belakangan, ada secercah harapan bahwa kompetisi bisa dilanjutkan lagi. Pasalnya, Pemerintah Spanyol sudah mengizinkan klub-klub La Liga untuk menggelar sesi latihan lagi. Alasannya, karena pertambahan kasus positif Covid-19 cenderung menurun.

Barcelona sendiri dilaporkan berencana menggelar latihan pada Rabu (6/05) waktu setempat. Namun, klub diwajibkan melakukan tes untuk mengetahui apakah pemainnya terinfeksi virus corona atau tidak.

Sedangkan pihak La Liga berencana akan menggulirkan sisa pertandingan musim ini tanpa kehadiran penonton. Hanya saja, belum ada jadwal pasti tentang kapan liga digulirkan lagi.

Selain La Liga, ada juga Premier League dan Serie A Italia yang berpeluang besar digulirkan lagi dalam waktu dekat.

Sedangkan Ligue 1 Prancis, Eredivisie Belanda dan Liga Pro Belgia telah resmi dihentikan.