Kendati berstatus sebagai legenda Manchester United, yang sejatinya adalah rival bebuyutan Liverpool, Edwin Van Der Sar tak menemukan alasan kenapa The Reds tidak layak diberikan gelar juara Premier League musim ini.

Sebagaimana diketahui, di klasemen terakhir Premier League, Liverpool sementara memimpin dengan keunggulan telak 25 poin atas rival terdekat, Manchester City. Jordan Henderson cs berhasil mengoleksi 82 angka dari 29 pertandingan.

Dengan kata lain, pasukan Jurgen Klopp hanya butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara Premier League musim ini, yang akan jadi gelar pertama selama 30 tahun terakhir. Namun mendadak, kompetisi dihentikan sementara karena pandemi covid-19.

Sudah dua bulan berlalu, Premier league belum juga digulirkan lagi. Malah, sempat ada rumor kompetisi akan dianulir dan gelar juara tidak diberikan kepada Liverpool. Namun, Van Der Sar tidak setuju dengan wacana tersebut.

Menurutnya, Liverpool tidak sekedar unggul jumlah poin, tapi memang tampil luar biasa sepanjang kampanye musim ini.

“Menurut saya, dengan sepak bola yang mereka mainkan dan keunggulan poin, gelar juara tidak diberikan itu tidak adil,” ujar Van der Sar seperti dilansir Sportskeeda.

Tapi, tampaknya wacana untuk menghentikan kompetisi tidak akan terwujud. Pasalnya, Pemerintah dan operator Premier League sedang menyiapkan protokol baru agar liga bisa digelar lagi.

Hal tersebut menyusul pandemi virus Corona Covid-19 yang tampak sudah mulai mereda. Pemerintah Inggris bahkan sudah memberikan kelonggaran terhadap aturan Karantina Wilayah.

Eks Kiper andalan Manchester United ini yakin, Premier League adalah liga yang dikelola dengan sangat baik, karenanya dia percaya kompetisi akan digulirkan lagi.

“Apakah liga akan diteruskan atau tidak, apa dampaknya ke Liga Champions, degradasi, atau memberi gelar juara ke Liverpool,” katanya.

Sosok yang kini bekerja sebagai direktur teknik Ajax amsterdam tersebut juga percaya bahwa klub-klub lain akan setuju jika gelar juara diberikan kepada Liverpool.

“Jika liga tidak bisa dimulai, saya kira semuanya akan menerima jika Liverpool juara,” ujarnya.

Tentu saja sangat disayangkan andai Liverpool gagal jadi juara, pasalnya mereka sudah menantikan ini selama 30 tahun terakhir.