Pihak Otoritas Liga Primer Inggris mengumumkan bahwa para kontestan liga telah sepakat untuk menggelar sesi latihan lagi mulai hari ini, Selasa 19 Mei 2020 waktu setempat.

Liga Primer Inggris memang jadi salah satu dari lima liga top eropa yang terdampak Pandemi Virus Corona. Kompetisi tersebut ditangguhkan sejak pertengahan bulan maret 2020 kemarin, dan setelah dua bulan lebih berlalu, baru ada sedikit kejelasan tentang kelanjutan kompetisi ini.

Belakangan, memang terdengar desas-desus bahwa Premier League akan kembali digelar mulai 13 Juni 2020 mendatang. Belum ada pernyataan resmi, tapi dipercaya memang pemerintah Inggris sudah melonggarkan Lockdown.

Mungkin, jadwal kelanjutan kompetisi bisa mundur dari rumor yang beredar, tapi setidaknya mulai ada tanda-tanda sebagaimana rilis resmi dari pihak Premier League.

“Pemegang saham Premier League hari ini memilih dengan suara bulat untuk kembali menggelar latihan grup kecil mulai besok sore, langkah pertama menuju rencana melanjutkan Premier League ketika aman dilakukan,” Demikian bunyi pernyataan resmi tersebut.

Dalam keterangan lebih lanjut, Pihak Premier League juga menegaskan bahwa sesi latihan akan tetap digulirkan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti social distancing dan sebagainya.

“Langkah Pertama dari Protokol Kembali Berlatih membuat skuad bisa berlatih dengan tetap menjaga social distancing. Latihan dengan kontak fisik belum diizinkan,”

“Langkah awal ini disepakati setelah melakukan konsultasi dengan pemain, manajer, doktor klub, ahli independen, dan pemerintah, Protokol medis yang ketat dengan standar tertinggi bakal memastikan semuanya kembali ke latihan dengan lingkungan yang paling aman,” tandasnya.

Menurut informasi yang terdengar, beberapa aturan cukup ketat akan diberlakukan selama sesi latihan berlangsung. BBC bahkan melansir bahwa para pemain dilarang melakukan kontak fisik dalam latihan, termasuk tekel.

Beberapa benda yang ada di lapangan termasuk gawang dan rumput juga akan disemprot dengan desinfektan sebelum sesi latihan berlangsung. Bahkan, akan ada tes medis yang diharuskan bagi orang-orang yang terlibat dalam sesi latihan, termasuk para pemain, pelatih dan staffnya.

Tentu saja kabar ini menjadi secercah harapan bahwa kompetisi bisa digulirkan dalam waktu dekat ini.