Dalam lima pertandingan terakhirnya di ajang Serie A Italia, Juventus menunjukkan performa yang memble. Pelatih Maurizio Sarri menilai bahwa para pemainnya saat ini tengah berada pada fase lelah secara mental dan fisik.

Terbaru, sang juara bertahan secara mengejutkan takluk di tangan Udinese. Pada duel yang digelar di Dacia Arena tersebut, Bianconneri kalah dengan skor akhir 1-2, dimana kekalahan ini praktis membuat perayaan gelar Scudetto ke-9 secara beruntun harus tertunda.

Padahal, Juventus sempat unggul lebih dulu lewat gol Matthijs de Ligt pada akhir babak pertama. Namun, di babak kedua, permainan menurun. Pasukan Maurizio Sarri kecolongan dua gol dari aksi Ilija Nestorovski dan Seko Fofana.

Memang, kekalahan ini tak lantas membuat Juventus tergusur dari tergoyahkan di puncak klasemen sementara, mereka masih unggul 6 poin atas Atalanta yang ada di posisi ke-2. Peluang mereka untuk mempertahankan Scudetto juga masih sangat besar.

Tapi bagaimanapun, performa Bianconneri dalam lima pertandingan terakhir ini tak lepas dari sorotan publik. Dari 15 poin yang harusnya bisa diraih, Juventus hanya mendapat lima poin saja, dengan rincian dua kekalahan diantaranya termasuk lawan AC Milan dan Udinese.

Dengan kata lain, Juve hanya memenangkan satu dari lima pertandingan tersebut, tak lain saat berhadapan denga Lazio.

Catatan ini sangat timpang dengan musim kemarin, dimana Bianconneri berhasil meraih 24 kemenangan dan hanya 3 kali kalah.

Mengenai hal ini, pelatih Maurizio Sarri tidak bisa membantah fakta tersebut. Namun dia membela para pemainnya dengan menganggap mereka sedang berada di fasee yang lelah secara mental maupun secara fisik.

“Pada periode ini, kami lelah secara fisik dan mental, dan itu adalah masalah yang umum bagi semua orang,”

“Untuk alasan ini, bermain agresif adalah sesuatu yang lebih melelahkan dan, oleh karena itu, sekarang yang paling penting adalah disiplin. Sulit untuk mempertahankan performa sepanjang laga dan kadang-kadang, seperti hari ini, kita kehilangan itu,” kata Maurizio Sarri dikutip dari Sportskeeda.

Berikutnya, Juventus akan berhadapan dengan Sampdoria dalam lanjutan Serie A Italia.