Meski dirinya sendiri yang telah mengajukan perpisahan dengan Barcelona, tapi Messi tidak memungkiri bahwa itu adalah keputusan yang sekaligus membuatnya sedih.

Kampanye musim ini memang sulit bagi Lionel Messi selaku kapten Barcelona. Di awal musim dia sempat berjanji untuk meraih gelar Liga Champions Eropa lagi, tapi pada akhirnya menyakitkan.

Langkah Barcelona terseok-seok sampai akhirnya disingkirkan Bayern Munchen lewat kekalahan telak 2-8 pada babak perempat final.

Di panggung domestik, Barcelona sudah lebih dulu mengibarkan bendera putih. Mereka gagal di ajang Piala Super Spanyol dan Copa Del Rey, lalu disalip Real Madrid dalam perburuan gelar La Liga Spanyol.

Serangkaian hasil buruk di akhir musim ini diyakini membuat Lionel Messi meminta Barcelona untuk memutuskan kontraknya pada Rabu (26/8/2020) dini hari WIB.

Permintaan itu bisa dikatakan adalah buntut dari kekalahan menyedihkan dari Bayern Munchen.

Para fans Barcelona tentu saja tidak terima dengan keputusan Messi, banyak dari mereka yang turun ke jalan, menyerukan Presiden Josep Maria Bartomeu mundur dari jabatannya sehingga Messi bersedia bertahan.

Tapi dipercaya, Messi tidak akan mengubah keputusannya meskipun klub sudah berganti Presiden. Namun begitu, la Pulga merasa sedih karena harus berpisah dengan klub yang telah dibelanya sejak masih berusia 12 tahun.

“Saya telah mengambil keputusan dengan Antonella [Rocuzzo, istri Lionel Messi] untuk meninggalkan Barcelona. Ini menyakiti jiwaku, tetapi begitulah. Siklusnya sudah berakhir,” kata Lionel Messi seperti ditirukan Albert Roge.

Barcelona sendiri sebenarnya sudah berjuang sekuat tenaga untuk meyakinkan Lionel Messi agar bertahan di camp Nou musim depan. Termasuk diantaranya dengan meminta pelatih anyar Ronald Koeman agar membujuk sang Kapten.

Namun, pertemuan Koeman dengan Lionel Messi tidak membuahkan hasil positif. Justru La Pulga tidak terkesan dengan perkataan pria asal Belanda tersebut yang cenderung menyudutkan dia.

“Hak istimewa Anda di skuad sudah berakhir, Anda harus melakukan segalanya untuk tim. Saya tidak akan menjadi fleksibel, Anda harus memikirkan tim,” kata Koeman dikutip dari AS.

Sejauh ini, Messi terus dikaitkan dengan raksasa Premier League, Manchester City.